Tips Mengemudi Mobil di Saat Hujan

Mengendarai mobil ketika  musim hujan tentunya lebih berisiko mengalami kecelakaan dibandingkan pada saat mengendarai mobil di waktu cuaca cerah. Semua itu disebabkan jalanan yang licin dan membuat seseorang sulit untuk mengendalikan kemudi mobil, juga karena terbatasnya jarak pandang supir.

Kondisi seperti ini cukup berbahaya bagi para pengendara baik pengendara sepeda motor maupun mobil. Nah untuk pengemudi mobil jangan anggap remeh jika terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

Ketika intensitas guyuran air dari langit meningkat saat mengendarai mobil, ada hal yang perlu diwaspadai bagi pengemudi. Minimnya kewaspadaan akan berakibat kecelakaan.

Seperti yang dikatakan oleh Road Safety Charity IAM, ada beberapa cara mengemudi aman ketika kita dihadapi dengan cuaca buruk seperti itu.

Berikut tips mengemudi aman saat hujan.

  1. Sebelum berangkat, jika mobil Anda dilengkapi dengan fitur heater atau AC, sebaiknya manfaatkan fitur itu. Meski udara dingin karena hujan, jangan biarkan sistem udara kabin tidak dinyalakan. Sebab saat terjadi hujan, biasanya ada uap air yang menghalangi pandangan Anda. Penggunaan heater dan AC dapat meminimalkan gangguan pandangan.
  2. Saat terjadi hujan lebat usahakan berjalan lebih pelan dari biasanya. Saat hujan, kemampuan mobil untuk mengerem biasanya berkurang 2 kali lipat. Berjalan pelan juga bisa untuk menghindari semprotan air dari kendaraan lain, terutama saat mengikuti kendaraan besar. Juga karena terbatasnya jarak pandang, jadi harus lebih ekstra hati-hati.
  3. Jaga mata Anda saat mengemudi dengan mobil yang ada di depan Anda. Pikirkan bagimana caranya Anda mengerem, dan menginjak gas agar kendaraan tetap terkontrol. Manuver mobil secara tiba-tiba akan menjadi mobil tidak seimbang.
  4. Angin kencang juga dapat mengganggu Anda dalam mengemudi. Jadi usahakan pegang kemudi Anda dengan baik dan kencang, sehingga jika ada angin kencang Anda tetap bisa mengemudikan mobil dengan baik.
  5. Jika kendaraan Anda dilengkapi dengan Cruise Control maka kalau hujan deras hindari penggunaan Cruise Control karena dapat menciptakan masalah. Hindari penggunaan Cruise Control dalam keadaan jalan yang basah.
  6. Pasang lampu depan mobil Anda. Hal ini sebagai tanda bahwa ada kendaraan di depan dan di belakang Anda.

Demikianlah semoga tips ini bermanfaat

mobil di saat hujan

mobil di saat hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Artikel Menarik lainnyaclose